06 Agustus 2010

Walikota Harus Rombak SKPK

Dalam upaya peningkatan peran Satuan Kerja Perangkat Kota (SKPK atau SKPD) untuk mendukung program pembangunan Pemerintah Kota (Pemko) Langsa, diperlukan adanya sinergisitas dukungan dari kepala SKPK terkait.

Namun sayangnya yang terjadi SKPK saat ini dinilai bukanlah mendukung tapi malah semakin mempersulit gerakan program pembangunan daerah. Karenanya Kosorsium LSM Kota Langsa meminta Walikota untuk segera merombak SKPK demi jalannya program kerja yang telah dicanangkan, Kamis (5/8).

Demikian pernyataan dari konsorsium LSM untuk Langsa yang terdiri dari lima LSM masing-masing LSM Komunitas Rumoh Aceh, LSM LAPPAN, LSM JPKL, LSM SMS dan LSM MP3S yang disampaikan kepada Metro Aceh di Langsa.

Menurut para pegiat LSM ini, seharusnya SKPK yang mengetahui terjadinya devisit anggaran dapat meminimalisir kejadian tersebut dengan membuat program-program yang menyentuh langsung kepada masyarakat dengan dana seefisien mungkin, sehingga solusi defisit tidak menjadi kendala dan program kepada masyarakat tetap terlaksana.

“Ini salah satu indikasi bahwa SKPK yang ada saat ini tidak mendukung program percepatan pembangunan berbasis masyarakat sebagaimana visi misi Walikota. Dimana dengan kondisi keuangan yang terjepit malah sejumlah SKPK terus mengupayakan berbagai pekerjaan yang tidak menyentuh kepentingan langsung masyarakat serta menyedot anggaran besar,” demikian penilaian dari hasil konsorsium LSM untuk Langsa.

Karenanya, menanggapi perkembangan yang semakin sulit tersebut maka masing-masing pimpinan konsorsium LSM untuk Langsa, Putra Zulfirman dari LSM Komunitas Rumoh Aceh, Fauzi Yusuf dari LSM LAPPAN, Irwan dari LSM JPKL, Darkasyi dari LSM SMS, Riswandar dari LSM MP3S meminta Walikota untuk segera merombak Kepala SKPK Kota Langsa dan menempatkannya sesuai dengan kemampuan dan bidang masing-masing.

Selain itu kepada DPRK konsorsium LSM ini juga meminta fungsi legislasi harus lebih ditingkatkan dan harus mampu memfasilitasi anggota dewan dalam bekerja dan mengerti tentang administrasi seperti melakukan koordinasi dengan SKPK dalam pengumpulan data untuk agenda rapat. (dai)

dikutip dari harian Rakyat Aceh

Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "Walikota Harus Rombak SKPK"

Posting Komentar